Contoh Aplikasi Sistem Informasi Psikologi (Tugas 3)


Nama Kelompok
1.      Alfatiha Nur Nabila 
2.      Claudia Amanda Bilkis
3.      Mutiara Adelia Putri
4.      Ranti Ayu Gustiyan

CONTOH APLIKASI
E-FGD
TUJUAN
Untuk mengurangi masalah dan memberikan motivasi kepada seseorang melalui metode focus group discussion secara online
BATASAN
Sistem ini hanya dapat mengangkat topic mengenai stress dan pemberian motivasi melalui video call
KONTROL
Handphone/ laptop/ komputer yang memiliki kamera depan untuk menghubungkan antar anggota grup dan ahli psikologi
INPUT
Memasukkan data seperti identitas anggota, visual/audio, catatan pribadi berupa cerita yang dibuat sebelum dilaksanakannya focus group
PROSES
Pengguna menginput data ke sistem dan melakukan administrasi, anggota menuliskan cerita pribadi tentang kehidupannya, dilakukan proses diskusi melalui video call
OUTPUT
file  dan print out berbentuk analisis
UMPAN BALIK
Perbaharuan data dan perbaikan sistem, memperluas bidang diskusi

Sistem yang akan dibuat adalah E-FGD dimana E-FGD yaitu E-Focus Group Disscussion. E-FGD adalah sebuah diskusi grup yang memanfaatkan elektronik dan internet. Tujuan sistem ini yaitu untuk mengurangi masalah yang dihadapi seseorang dan memberikan motivasi-motivasi kepada seseorang melalui metode focus group discussion secara online.
Aplikasi E-FGD ini hanya dapat mengangkat topik diskusi mengenai stres dan pemberian motivasi yang dibutuhkan sesuai permasalahan seseorang melalui video call. Untuk dapat mengangkses aplikasi ini diperlukan barang elektronik seperti handphone atau laptop atau komputer yang memiliki kamera depan untuk menghubungkan antar anggota grup dan ahli psikologi. Jika sudah memiliki alat untuk mengangkses maka pengguna dapat mendaftar melalui website atau mengunduh aplikasi tersebut. Setelah pengguna mengunduh aplikasi E-FGD atau masuk kedalam situs web yang disediakan oleh E-FGD maka pengguna harus melakukan sign up atau pendaftaran.
Pendaftaran aplikasi E-FGD memerlukan beberapa proses. Proses yang pertama adalah melakukan administrasi berupa data-data pribadi. Kemudian setelah melakukan proses input data, sistem akan membuat profil pengguna. Di dalam profil tersebut, pengguna dapat menuliskan catatan-catatan pribadi mengenai cerita kehidupan pengguna seperti ‘hal apa yang disukai’, ‘hal apa yang tidak disukai’, ‘bagaimana cerita hari ini’, dan lain-lain. Fungsi dari catatan pribadi milik pengguna adalah agar ahli dapat mengenal pengguna yang akan melakukan diskusi grup dan dapat memberikan solusi terbaik jika sudah mengenal bagaimana kehidupan seseorang. Kemudian jika pengguna ingin melakukan diskusi grup, maka ahli dan sistem akan mempertemukan kepada pengguna lain dengan masalah yang hampir serupa agar dapat bertukar pikiran dan saling mendengarkan. Setelah proses diskusi selesai maka masing-masing pengguna akan dikirimkan hasil analisis berupa file dari ahli melalui sistem atau aplikasi. Di dalam analisis tersebut terdapat berbagai macam saran berupa “list to do” atau saran untuk melakukan beberapa kegiatan, hindari hal-hal yang ada pada list “avoid from” agar mengurangi efek stres yang dialami seseorang atau pengguna.
Selama berjalannya aplikasi ini, selalu ada perbaikan sistem dan pembaharuan data juga dapat mempertimbangkan untuk memperluas bidang kajian yang akan dijadikan topik diskusi grup seiring berkembangnya zaman dan melihat kondisi yang semakin lama semakin banyak permasalahan.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal pagelaran Seni Musik

Surat Rekomendasi Dalam Bahasa Inggris Untuk Beasiswa

Pidato Singkat Bahasa Indonesia ke Bahasa Sunda