Pengertian Sistem Infomasi Psikologi


Nama Kelompok :
Alfatiha Nur Nabila – 10516547
Claudia Amanda Bilkis - 11516640
Mutiara Adelia Putri - 15516186
Ranti Ayu Gustiyan - 16516085

       I.            Pengertian Sistem
1.      Muslihudin dan Oktafianto (2016), mendefinisikan sistem adalah sekumpulan komponen-komponen atau jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan dan saling bekerja sama membentuk suatu jaringan kerja untuk mencapai sasaran atau tujuan tertentu”.
2.      Menurut Maniah dan Hamidini (2017), mengatakan bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen berupa data, jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, sumber daya manusia, teknologi baik hardware maupun software yang saling berinteraksi sebagai satu kesatuan untuk mencapai tuhuan/sasaran tertentu yang sama”.
3.      Sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan dengan yang lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. (Mulyadi, 2016)
Jadi, dapat disimpulkan bahwa sistem  adalah sekumpulan komponen-komponen, elemen atau jaringan kerja dari suatu prosedur yang berinteraksi dengan melibatkan sumber daya manusia dan teknologi  untuk mencapai tujuan tertentu.

    II.            Pengertian Informasi
1.      Menurut Sutabri (2005) informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan
2.      Menurut Kusrini dan Kuniyo (2007) informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.
3.      Menurut Rusmawan (2019) Informasi adalah sekumpulan data yang diolah sehingga berguna bagi seseorang atau organisasi yang membutuhkan informasi tersebut.
Jadi, Informasi adalah sekumpulan data yang diolah dan diinterpretasikan sehingga berguna bagi seseorang dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

 III.            Pengertian Psikologi
1.  Menurut Basuki (2008), bahwa psikologi itu adalah ilmu pengetahuan ilmiah yang mempelajari perilaku, sebagai menifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif, & emosional.
2.    Menurut Syah (2001) psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan.
3.  Menurut Wade dan Tavris (2008) psikologi secara umum dapat didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental serta bagaimana perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal
Jadi, Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia, berbagai proses mental, aktifitas motorik dan emosional, yang dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal.

 IV.            Sistem Informasi Psikologi
Jadi, Sistem Informasi Psikologi adalah sekumpulan informasi yang melibatkan interaksi antara sumber daya manusia dan teknologi dengan kaitannya pada tingkah laku serta proses mental manusia untuk mencapai tujuan tertentu.




DAFTAR PUSTAKA
Basuki, H. (2008). Psikologi umum. Jakarta : Universitas Gunadarma

Kusrini & Koniyo. (2007). Tuntuan praktis membangun sistem informasi akutansi dengan visual
basic dan microsoft sql server. Yogyakarta: Andi offset.
Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisi   dan  perancangan sistem   informasi  mengguna-
menggunakan model terstruktur dan uml. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Maniah & Hamidini, D. (2017).   Analisis   dan   perancangan   sistem   informasi   pembahasan
secara praktis dengan contoh kasus. Yogyakarta : Deepublish
Mulyadi. (2016). Sistem akuntansi. Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.
Rusmawan, U. (2019). Teknik penulisan tugas akhir dan skripsi pemrograman. Jakarta: PT Eleks
Media Komputindo.
Sutabri, T. (2005). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta : Andi.
Muhibbin,    S.       (2001).    Psikologi     pendidikan     dengan    pendekatan   baru.  Bandung  :  
Remaja Rosdakarya.
Wade, C. & Tavris, C. (2008). Psikologi jilid 1 edisi ke 9. Jakarta: Erlangga

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal pagelaran Seni Musik

Surat Rekomendasi Dalam Bahasa Inggris Untuk Beasiswa

Pidato Singkat Bahasa Indonesia ke Bahasa Sunda